1. A.   PROGRAM UMUM

Program umum adalah program yang dilaksanakan oleh seluruh komponen madrasah dari tingkat pimpinan, dewan guru, staf, siswa, orang tua/wali murid dan masyarakat sekitar. Secara umum program MTs Khazanah Kebajikan diarahkan untuk menjadi insan paripurna yang berdampak pada budaya madrasah yang sehat  dengan cara : sehat spritual, sehat emosional, sehat intelektual, sehat fisik, , sehat etika, sehat estetika, sehat sosial, sehat program dan sehat finansial. Program umum yang dicanangkan adalah :

  1. Sehat spritual

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Program sehat spritual meliputi :

  1. Program sholat berjamaah
  2. Program shalat dhuha
  3. Program shalat tahajud berjamaah
  4. Program pengkajian al qur’an
  5. Program puasa senin-kamis
  6. Sehat Emosional

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan emosional, selalu termotivasi dan berpikir positif serta pantang menyerah. Program sehat emosional meliputi :

  1. Program pelatihan motivasi
  2. Program pelatihan kerja sama tim
  3. Sehat Intelektual

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kecerdasan otak seseorang. Program sehat intelektual meliputi :

  1. Pelatihan pembelajaran active learning
  2. Pelatihan pengelolaan kelas
  3. Kursus bahasa inggris untuk pengurus, dewan guru dan staf
  4. Pelatihan pembuatan media ajar
  5. Sehat Fisik

Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan fisik yang prima. Program sehat fisik meliputi :

  1. Senam bersama
  2. Main Futsal bersama
  3. Jalan santai bersama

 

 

 

 

  1. Sehat Etika

Program ini dimaksudkan untuk selalu membudayakan akhlaq dan tata krama yang baik. Program sehat etika meliputi :

  1. Membudayakan 5 S ( senyum, salam, sapa, sopan, santun )
  2. Kajian Al Qur’an tentang akhlaq
  3. Sehat Estetika

Program ini dimaksudkan untuk membudayakan cinta keindahan dan kebersihan. Program sehat estetika meliputi :

  1. Gerakan hidup sehat, bersih, indah dan rapih dengan memilah, membuang yang tidak penting, merapikan tempat kerja dan membiasakan
  2. Gerakan sabtu sehat dan bersih
  3. Sehat sosial

Program ini dimaksudkan untuk mengembangkan hubungan harmonis baik dilingkungan internal madrasah maupun madrasah dengan pihak luar. Program sehat sosial meliputi :

  1. Menjalin kemitraan strategis dengan pihak-pihak di luar madrasah
  2. Kunjungan silaturrahiem kepada keluarga besar  MTs KK yang sedang memiliki hajat atau sedang ditimpa musibah
  3. Pengajian rutin dengan orang tua/wali murid secara berkala ( 3 bulan sekali )
  4. Sehat Program

Program ini dimaksudkan untuk merumuskan dan memantau pelaksanaan program. Sehat program meliputi :

  1. Rapat kerja
  2. Rapat koordinasi
  3. Briefing
  4. Pelayanan Prima
  5. Sehat Finansial

Program ini dimaksudkan untuk mendukung keberhasilan peningkatan program madrasah secara keseluruhan. Namun peningkatan kesejahteraan harus berbasis pada kinerja dan prestasi

 

  1. B.   PROGRAM PER BIDANG
    1. 1.   Program Bidang Kurikulum
      1. Bidang Administrasi
        1. Menyusun Kurikulum MTs khazanah Kebajikan secara lengkap dan rapi yang menjelaskan tentang ciri khas MTs Khazanah Kebajikan yang tertcantum dalam KTSP MTs Khazanah Kebajikan tahun 2013.
        2. Mengarahkan guru dalam penyusunan perangkat administrasi yang terintegrasi dengan akhlaq mulia dan mengumpulkannya pada waktu yang telah ditentukan.
        3. Membuat SOP guru dalam pembelajaran ( merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan tindak lanjut )
        4. Membuat SOP dan program kerja  untuk wali kelas
        5. Menyediakan dan menyusun portofolio siswa baik dalam ulangan harian maupun tugas tugas harian
        6. Membuat kalender pendidikan tahun pelajaran 2013–2014
        7. Membuat indeks pencapaian daya serap pencapaian kurikulum
        8. Membuat notulen untuk menyimpulkan hasil rapat yang didokumentasikan melalui berita acara.
        9. Mendokumentasikan administrasi guru dan wali kelas dalam bentuk file

 

  1. Bidang Pembelajaran
    1. Menyediakan persiapan pembelajaran secara optimal baik persiapan administrasi maupun media  atau alat pembelajaran
    2. Menyelenggarakan diklat dan workshop bagi guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar
    3. Memantau pelaksanaan proses pembelajaran agar sejalan dengan program PAIKEM ( Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan )
    4. Merumuskan KKM setiap mata pelajaran berdasarkan kriteria penetapan KKM
    5. Melaksanakan pembelajaran klinik /bengkel belajar secara tepat dan efisien sehingga mampu membantu siswa meningkatkan kemampuannya.
    6. Mengkoordinasikan program bimbingan dan pengayaan bagi siswa kelas IX dalam mempersiapkan Ujian Nasional
    7. Merumuskan kriteria kenaikan kelas dan kelulusan
    8. Merumuskan standar mutu pembelajaran kelas Bina Akademik dan Bina Prestasi
    9. Mengkoordinasikan program ujian hafalan

10. Menyelenggarakan study laboratorium

11. Membuat program pemberdayaan untuk guru dan wali kelas

 

  1. Bidang Evaluasi
    1. Melaksanakan penilaian tugas dan ulangan harian minimal tiga kali penilaian dalam satu semester
    2. Menyelenggarakan UTS, UAS, UKK, UN,dan UAMBN dengan jujur, obyektif dan berkualitas
    3. Menyelenggarakan ujian praktek dan hafalan al qur’an

 

  1. 2.   Program Bidang Kesiswaan
    1. Menyempurnakan tata tertib siswa
    2. Mengkaji ulang poin dan lebih mengedepankan  tindakan langsung
    3. Membuat tahapan prosedur penindakan
    4. Mengklasifikasi jenis pelanggaran
    5. Mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan program pengembangan diri Muhadharah ( pidato 3 bahasa ) yang meliputi :
      1. Pembuatan kelompok muhadharah, putra/putri dipisah dan digabung dari kls VII – IX
      2. Pembuatan tata tertib muhadharah
      3. Penunjukan petugas muhadharah secara bergiliran dengan prinsip pemerataan
      4. Mengadakan lomba-lomba internal kelompok dan lomba antar kelompok muhadharah
    6. Mengkoordinasikan program ekstra kurikuler yang meliputi :
      1. Ekstra kulikuler Wajib     : Pramuka
      2. Ekstra kulikuler Pilihan    :
        1. Penjaskes                : Bulu tangkis, Futsal, Tenis meja, Pencak silat
        2. Seni Budaya             : Marawis, Tari Saman
    7. Program penegakkan tata tertib siswa
      1. Razia rambut, kuku, pakaian dan aksesorir terlarang lainnya  (sepatu hitam putih dan kaus kaki panjang warna putih)
      2. Razia ketidakhadiran siswa
      3. Menegur atau menindak siswa yang melakukan pelanggaran baik dilingkungan madrasah maupun di luar selama masih berada dalam jam belajar
      4. Bekerja sama dengan pihak luar untuk melakukan pembinaan terhadap siswa
      5. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dan disiplin sesuai dengan indeks yang telah di buat
      6. Pembuatan buku mengaji siswa
    8. Mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang meliputi :
      1. Orientasi dan informasi
      2. Penempatan dan penyaluran bakat baik akademik maupun non akademik
      3. Konseling individu
      4. Bimbingan kelompok
      5. Layanan konsultasi
      6. Layanan mediasi
      7. Penelitian prilaku siswa
      8. Penyelesaian kasus
      9. Kunjungan ke rumah siswa

10. Membuka jalur komunikasi dengan orang tua/wali siswa

11. Membuat jaringan facebook dengan siswa dan orang tua siswa

12. Mengaktifkan kembali komite sekolah

  1. Mengkoordinasikan dan mengawasi pelaksanaan program Pembina OSIS yang meliputi :
    1. Pemilihan dan pelantikan pengurus osis
    2. Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK )
    3. Konsolidasi, rapat kerja dan perencanan program pengurus osis
    4. Pembinaan, pemantauan dan evaluasi pengurus OSIS secara berkesinambungan
    5. Pelaksanaan Upacara Bendera
    6. Class meeting
    7. Perayaan Hari Besar Islam
    8. Perayaan Hari Besar Nasional
    9. English and Arabic Day (dievaluasi ulang)

10. Tadabbur Al qur’an dan pembinaan Akhlaq (Mabit)

11. Kegiatan khusus bulan suci ramadhan

12. Tahajud berjamaah bagi siswa non asrama

13. Pendataan dan pembinaan Alumni MTs Khazanah Kebajikan

14. Mengadakan lomba/turnamen baik antar siswa MTs maupun dengan pihak luar melalui bidang akademik dan non akademik

15. Laporan pertanggung jawaban pelaksana kegiatan secara berkala kepada atasan

  1. Pengadministrasian dan pelaporan semua program kegiatan dengan baik untuk tertib administrasi.
  2. Mendokumentasikan pelaksanaan kegiatan yang dianggap perlu sebagai bahan pelaporan
  3. Menyusun kalender kegiatan internal kesiswaan dan dikoordinasikan dengan PKM lainnya.

 

  1. 3.   Program Bidang Sarana Prasarana, Tata Usaha dan Keuangan
    1. a.    Program Bidang Sarana Prasarana
      1. Pemenuhan sarana dan prasarana kelas yang sesuai standar (meja, kursi, papan, lemari kelas, papan rekapitulasi dll)
      2. Pemenuhan kebutuhan alat dan media pembelajaran (Infoqus, CD pembelajaran,TV, Speker active, dll)
      3. Setiap kelas harus mempunya infocus yang sudah terpasang
      4. Rehab gudang dan kamar mandi
      5. Melakukan perawatan gedung dan lingkungan madrasah ( pengecatan, perbaikan taman dan lain-lain )
      6. Melakukan pengadministrasian sarana prasarana secara periodik / 3 bulan
      7. Menginventarisasikan alat sarana/prasarana secara baik dan benar
      8. Pengadaan lab computer secara bertahap
      9. Penambahan lab IPA secara bertahap
      10. Penambahan secara bertahap alat dan media pembelajaran setiap mata pelajaran
      11. Pemasangan speaker yang disambung kesemua ruang kelas
      12. Pembuatan program kerja dan kalender kegiatan yang jelas dan terukur

 

  1. Program Perpustakaan
    1. Melaksanakan tugas dan fungsi utama perpustakaan dengan baik dan penuh tanggung jawab meliputi :
    2. Pemeliharaan dan pengecekan keberadaan bahan pustaka secara berkala / bulan
    3. Pengadaan dan penambahan bahan pustaka
    4. Pengelolaan bahan pustaka ( inventarisasi, klasifikasi, lebelisasi )
    5. Pelayanan prima kepada pengguna perpustakaan
    6. Pembuatan tata tertib pengguna perpustakaan(peminjam, non peminjam dll )
    7. Mengontrol dan mengevaluasi peminjam bahan pustaka secara berkala
    8. Mendata ulang bahan pustaka yang ada hingga saat ini
    9. Administrasi pengunjung ruang pustaka
    10. Pembuatan kartu peminjaman buku
    11. Pembuatan e-library
    12. Pembuatan Sistem Infomasi Perpustakaan ( SIP )
    13. Menciptakan suasana ruang pustaka yang asri, bersih, indah dan menyenangkan
    14. Penambahan bahan pustaka non buku pelajaran ( buku fiksi, non fiksi, majalah, koran, buletin, brosur )
    15. Mengarsipkan kliping tentang isu-isu yang dianggap penting terkait pengembangan peserta didik dari koran yang ada
    16. Membuat kalender program kerja yang terarah dan terukur

 

  1. Program Laboratorium IPA
    1. Inventarisasi ulang semua alat di lab untuk menentukan kelayakan penggunaannya
    2. Pengadaan alat-alat laboratorium secara berkala sesuai skala prioritas
    3. Kontrol dan pemeliharaan alat lab secara berkala
    4. Menjaga kebersihan dan kenyamanan laboratorium
    5. Kelengkapan administrasi lab meliputi : jadwal praktikum, tata tertib, data inventarisasi alat
    6. Membuat kalender program kerja.

 

  1. Program Pusat Pengembangan Bahasa Asing
    1. Membuat program berkala tentang pengembangan bahasa asing
    2. Membuat garis besar kurikulum ekstensif bahasa inggris dan bahasa arab
    3. Mengelola pelatihan bahasa inggris khusus untuk guru
    4. Membudayakan penggunaan bahasa asing sebagai pengantar pembelajaran
    5. Penjaringan peserta olimpiade dan lomba pidato bahasa inggris sebagai duta MTs ke luar
    6. Berupaya menghadirkan native speaker
    7. Partisipasi dalam-lomba bahasa asing ( arab inggris ) di luar MTs

 

Program Berjangka :

  1. Program Jangka Pendek
    1. Bidang Sarana Prasarana Umum

1)  Pengadaan ruang untuk gudang penyimpanan barang dan alat

2)    Penambahan komputer untuk administrasi

3)    Melakukan rehab dan renovasi kursi, meja, dan sarana pembelajaran

4)    Memfungsikan kembali jendela untuk kenyamanan belajar

5)    Pengadaan dan pemasangan AC, TV, VCD, atau kipas angin secara bertahap

6)    Standarisasi sarana dan administrasi setiap ruang

7)    Pemasangan teralis secara bertahap

8)    Pengecatan 2 unit gedung

9)    Pengadaan bahan untuk kebersihan

10) Pemasangan administrasi on line

11) Pemeliharaan dan perawatan alat olah raga

12) Pelebelan nama ruang

13) Pembuatan denah ruang

14) Pengadaan ruang perpustakaan yang berada di Gedung B

15) Melakukan pengadministrasian sarana prasarana secara periodik setiap triwulan, semester, dan akhir tahun.

 

  1. Bidang Laboratorium IPA

1)    Inventarisasi alat yang sudah ada untuk menentukan kelayakan penggunaannya

2)    Mengklasifikasikan kelengkapan ruangan:

a)    Tersedianya ruang penyimpanan alat IPA Biologi dan IPA Fisika yang dilengkapi lemari penyimpanan

b)   Tersedianya meja persiapan

3)    Kelengkapan administrasi: program kerja, jadwal praktikum, tata tertib, data inventarisasi alat dan bahan

4)    Pengadaan alat-alat laboratorium IPA Biologi dan Fisika yang sangat mendesak dalam KBM (data terlampir)

5)    Pengadaan sarana (komputer, infokus, CD) untuk pembelajaran IPA

 

  1. Bidang Media dan Alat Pembelajaran Umum

1)      Melengkapi alat pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran, baik konvensional, maupun digital

2)      Memberikan suport terhadap guru untuk pemanfaatan sarana secara tepat guna

3)      Menginventarisasikan alat dan sarana secara baik dan benar

4)      Melengkapi media pembelajaran yang terkini

5)      Bekerjasama dengan pihak terkait, baik vertikal/lintas sektoral untuk pengadaan alat-alat pembelajaran

 

  1. Bidang Laboratorium Bahasa dan Peralatan Elektronik

1)      Menginventarisasikan alat-alat elektronik dan elektrik

2)      Melakukan penyimpanan alat-alat dalam satu tempat tersendiri

3)      Melakukan pemeliharaan dan perawatan secara periodik/ 3bulan

4)      Memfasilitasi guru dalam penggunaan alat-alat

5)      Membuat radio panggil untuk tiap-tiap kelas

6)      Menyediakan infokus, komputer, VCD di ruang lab. bahasa

7)      Menambah satu set sound system

8)      Pembelian baterai dan charger

9)      Perawatan AC secara berkala

10)   Kelengkapan administrasi: program kerja, jadwal praktikum, tata tertib, data inventarisasi alat dan bahan

 

  1. Program JangkaMenengah
    1. Pemasangan CCTV
    2. Pengadaan kendaraan operasiona

 

  1. Program Jangka Panjang
    1. Semua sarana standar ISO
    2. Semua administrasi berstandar ISO
    3. PDB sistem on line

 

  1. b.   Program Tata Usaha dan Keuangan
  2. Membuat standar baku administrasi yang teratur dan baku yang meliputi
    1. Administrasi persuratan dan kearsipan (surat masuk, keluar, dokumen kepanitiaan)
    2. Administrasi kurikulum dan pembelajaran(absensi, adm guru, buku induk,dll)
    3. Administrasi keuangan (RAPBS, buku kas, buku besar, Laporan BOS, lalu lintas keuangan, penggajian dll)
    4. Administrasi kepegawaian/personalia (data guru, staf, potensi perkembangan karier pegawai dll)
    5. Administrasi sarana prasarana (inventaris, pemeliharaan barang dll)
    6. Merintis pengelolaan administrasi secara komputerisasi dan terprogram
    7. Melengkapi berkas administrasi yang belum selesai di tahun pelajaran sebelumnya
    8. Membuat kalender kerja pelaksanaan program
    9. Membuat pembagian tugas yang jelas antar staf TU
    10. f.     Membuat laporan keuangan Madrasah dan dana BOS secara terbuka (laporan keuangan madrasah/pertahun, laporan keuangan BOS/semester)disampaikan kepada warga madrasah dan masyarakat melalui papan pengumuman.
    11. g.    Tersedia DMT (Dana Madrasah Tersimpan) yang diproleh dari saldo kegiatan madrasah digunakan untuk keperluan kegiatan even besar madrasah (tour keluarga besar MTs KK, Studi Banding Madrasah, dll)

 

  1. c.      Program Kebersihan dan Penjaga Madrasah
    1. Kebersihan rutin madrasah dan lingkungannya secara terus menerus
    2. Penataan taman secara indah dan asri
    3. Kontrol berkala kebersihan umum bulanan dalam gerakan sabtu sehat
    4. Penggantian kunci/gembok yang rusak demi keamanan fasilitas madrasah
    5. Bersama pihak lain membangun budaya bersih lingkungan
    6. Kontroling dan pengamanan maksimal seluruh ruangan sebelum meninggalkan ruang madrasah diakhir tugas.

 

  1. 4.   Program Bidang Usaha dan Koperasi
  2. a.      Program Bidang Usaha
    1. Memperluas jaringan kemitraan untuk membuka usaha madrasah sebagai sumber pendapatan lain
    2. Tempat koperasi  harus mempunyai tempat yang luas dan tidak sempit
    3. Mempromosikan karya siswa melalui pengembangan mata pelajaran mulok seni budaya dalam pameran
    4. Guru seni budaya menugaskan mengumpulkan  hasil karya  siswa yang dapat dipromosikan  melaluii pentas seni
    5. Memasarkan produk rekayasa karya siswa melalui pengembangan mata pelajaran mulok keterampilan

 

  1. b.     Program Bidang Koperasi
    1. Mengajukan surat izin mendirikan koperasi
    2. Memperkuat manajemen pengelolaan koperasi
    3. Perlu ada penjaga yang ermanen atau mengharapkan Bapak/Ibu guru berganung diwaktu jam kosong

2. Membuat program pengembangan usaha (serba usaha)

3. Mengelola pengadaan buku tulis dan alat tulis siswa

  1. Mengelola pengadaan buku paket/penunjang belajar dan LKS siswa
  2. Mengelola pengadaan pakaian seragam dan atribut siswa
  3. Koperai tidak mengelola katering
  4. Membuka usaha pengadaan ATK dan kebutuhan siswa lainnya.
  5. Membuat aturan jelas dalam manajemen dan pengelolaan administrasi
  6. Ada kalender program kerja yang berkesinambungan
  7. Ada penanggung jawab koperasi 1 dan koperasi 2
  8. Mengadakan sembako untuk para guru dan staf MTs Khazanah Kebajikan

10. Menyediakan kendaraan untuk antar jemput siswa

11. Membuat skala prioritas dan aturan yang baku bagi anggota yang akan melakukan simpan pinjam

12. Melakukan studi banding denngan koperasi lain (koperasi kemenag, koperasi maestro, dll)

13. Bagi anggota koperasi yangh sudah 1 tahun diperbolehkan  mengajukan pinjaman dengan cara mengisi  formulir dan pinjaman akan diberikan  sesuia dengan urutan dan tidak ada tunggakan dan tidak ada pinjaman temporer

14. Hasil serba  usaha koperasi  dibagikan menjelang lebaran pada waktu buka puasa bersama